PENGERTIAN PKL (PRAKTIK KERJA LAPANGAN)
APA ITU PKL??????
Praktik Kerja
Lapangan atau yang biasa di sebut dengan PKL adalah salah
satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program
pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang
diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk
mencapai tingkat keahlian tertentu. Disamping dunia usaha , Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bias didapat didunia usaha , sehingga dengan adanya Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah Atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.
Maksud & Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Maksud dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktik Kerja Lapangan ( PKL ),Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.
Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh
tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa
kita untuk ikut terjun kedalam dunia industri, bisnis, dan
perdagangan .
Adapun tujuan diadakan pelaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL )
antara lain :
-
Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha
-
Menumbuhkan & meningkatkan sikap profosional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha
-
Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang sesungguhnya
-
Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis
pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktik Kerja
Lapangan (PKL).
Tujuan & Kegunaan Laporan
Laporan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) adalah hasil penulisan Siswa setalah menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) berdasarkan data yang di peroleh dan dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah
Adapun tujuan pembuatan laporan ilmiah antara lain:
-
Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
-
Meningkatkan kreativitas Siswa dalam penulisan yang bersikap objektif dan ilmiah.
-
Sebagai pertanggungjawaban siswa yangb telah melaksanakan Tugas Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) yang berkaitan dengan program keahliannya masing- masing.
-
Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan
telah melakukan Praktik
Kerja Lapangan ( PKL ) denagn baik.
Metode & Teknik Menyusun Laporan
Dalam penyusunan laporan ini Penulis menggunakan metode dan beberapa tekhnik penulisan dengan maksud agar memudahkan didalam pengumpulan data,sehingga susunan laporan ini dapat tersusun dengan lebih baik dan sesuai situasi kondisi.Adapun metode dan tekhnik yang di gunakan dalam penyusunan laporan antara
lain sebagai berikut:
1. Metode Penyusunan
Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan metode deskriptif mengargumentasikan dan memaparkan permasalahan secara terperinci sesuai dengan data dan fakta yang ada.
2. Tekhnik Penyusunan Observasi
Yaitu melaksanakan secara langsung di perusahaan melalui teori yang kemudian di terapkan dalam bentuk kegiatan atau Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) ini.
3. Interview
Yaitu Mengumpulkan data dengan cara melakukan Tanya jawab secara langsung, hal ini di lakukan untuk memperoleh suatu informasi yang tepat dan jelas yang dibutuhkan di dalam penyusunan laporan.
4. Study Literatur
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dan cara mencari serta membaca buku-buku di perpustakaan yang ada kaitannya dengan pembahasan masalah.
5. Sistematis Penyusunan Laporan
Sistematis dari isi laporan ini,sebelum penulis menjabarkan setiap pokok pembahasan terlebih dahulu Penulis harus menuliskan pokok pembahasan dengan sistematis dari laporan ini.
Dasar Hukum
-
GBHN tahun 1993;
-
Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab IV ,Pasal 10 (1)
-
Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab VIII, Pasal 33
-
Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab XII Pasal 47 (1)
-
Peraturan Pemerintah No.29, Bab XI, Pasal 29 (1)
-
Peraturan Pemerintah No.39, Bab III, Pasal 4 (8)
-
Peraturan Pemerintah No.39, Bab VI, Pasal 8 (2)
-
Peraturan Pemerintah No.39, Bab VI, Pasal 10
-
Peraturan Pemerintah No.29, Bab XIII, Pasal 32 (2)
-
Kep. Mendikbud No. 0490/U/1992, Pasal 33
-
Kep. Mendikbud No.080/U/1993
refrensi :
Comments
Post a Comment