Next Cloud



A. Pengertian

nextcloud adalah suite software client-server untuk menciptakan layanan file hosting dan menggunakan mereka. Secara fungsional sangat mirip dengan banyak digunakan Dropbox , dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa Nextcloud adalah gratis dan open-source , dan sehingga memungkinkan siapa saja untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi. Berbeda dengan layanan eksklusif seperti Dropbox, arsitektur terbuka memungkinkan menambahkan fungsi tambahan ke server dalam bentuk yang disebut aplikasi.

B. Fitur

File Nextcloud disimpan dalam struktur direktori konvensional, dan dapat diakses melalui WebDAV jika diperlukan. file pengguna akan dienkripsi selama transit dan bisa dienkripsi saat istirahat (memerlukan enkripsi untuk diaktifkan). Nextcloud dapat melakukan sinkronisasi dengan lokal klien menjalankan Windows (Windows XP, Vista, 7 dan 8), OS X (10.6 atau yang lebih baru), atau berbagai Linux distribusi.
Pengguna Nextcloud dapat mengelola kalender ( CalDAV ), kontak ( CardDAV ) dijadwalkan tugas dan media streaming ( Ampache ) dari dalam platform.
Dari perspektif administrasi, Nextcloud memungkinkan pengguna dan administrasi kelompok (melalui OpenID atau LDAP ). Konten dapat dibagi dengan mendefinisikan granular hak akses baca / tulis antara pengguna dan / atau kelompok. Atau, pengguna Nextcloud dapat membuat masyarakat URL ketika berbagi file. Logging tindakan yang berhubungan dengan berkas serta melarang akses berdasarkan aturan akses file juga tersedia 
Selain itu, pengguna dapat berinteraksi dengan browser berbasis editor teks , bookmark layanan, URL shortening suite, galeri, RSS feed reader dan alat document viewer dari dalam Nextcloud. Untuk diperpanjang tambahan, Nextcloud dapat ditambah dengan "satu klik" aplikasi dan koneksi ke Dropbox , Google Drive dan Amazon S3 .
Nextcloud memperkenalkan fitur baru seperti kemampuan pemantauan, pencarian teks lengkap dan otentikasi Kerberos serta audio / video conferencing, diperluas Federasi dan perbaikan UI yang lebih kecil 
Nextcloud sekarang mulai tersedia di repositori distro Linux seperti Fedora meskipun arah untuk Red Hat Enterprise Linux tidak jelas.


C. Arsitektur

Agar mesin desktop untuk melakukan sinkronisasi file dengan server yang Nextcloud mereka, klien desktop yang tersedia untuk PC yang menjalankan Windows , OS X , FreeBSD atau Linux . Ponsel klien ada untuk iOS dan Android perangkat. File dan data lainnya (seperti kalender, kontak atau bookmark) juga dapat diakses, dikelola, dan upload menggunakan web browser tanpa software tambahan. Setiap update ke sistem file didorong untuk semua komputer dan perangkat mobile yang terhubung ke akun pengguna.
The Nextcloud server ditulis dalam PHP dan JavaScript bahasa scripting . Untuk akses remote , mempekerjakan saber / dav , open-source WebDAV Server. Nextcloud dirancang untuk bekerja dengan beberapa sistem manajemen database , termasuk SQLite , MariaDB , MySQL , Oracle Database , dan PostgreSQL .
 

D. Sejarah

Frank Karlitschek , seorang pengembang perangkat lunak KDE, mengumumkan pengembangan ownCloud pada Januari 2010, dalam rangka memberikan pengganti perangkat lunak bebas untuk penyedia layanan penyimpanan proprietary. Perusahaan "ownCloud Inc." didirikan pada tahun 2011 dan mengumpulkan lebih dari $ 10 juta di modal ventura .
Pada tahun 2011 update pemeliharaan pertama "1.2" dari ownCloud dirilis. Isinya pekerjaan tambahan oleh Arthur Schiwon, Jan-Christoph Borchardt , Jakob Sack dan Robin Appelman. Mereka saat ini semua berkontribusi atau bekerja untuk Nextcloud karena mereka juga dibahas di atas panggung pada konferensi Nextcloud 2016.
ownCloud Inc menawarkan software di bawah yang disebut inti terbuka model bisnis, menyediakan pelanggan yang membayar dengan sumber tertutup fungsi dan lisensi proprietary. 
Pada April 2016 Karlitschek dan paling kontributor inti meninggalkan ownCloud Inc ini termasuk banyak dari staf atas ownCloud ini menurut sumber dekat kepada masyarakat ownCloud. 
garpu didahului oleh sebuah posting blog dari Karlitschek, mengajukan pertanyaan seperti "Siapa yang memiliki komunitas? Siapa yang memiliki ownCloud itu sendiri? Dan yang lebih penting, uang jangka pendek atau tanggung jawab jangka panjang dan pertumbuhan?"  Belum ada pernyataan resmi tentang alasan untuk garpu, tapi di antara spekulasi yang paling dipercaya adalah pertengkaran internal tentang nilai masyarakat vs hasil komersial kuartalan. 
Pada tanggal 2 Juni, dalam waktu 12 jam dari pengumuman garpu, entitas Amerika "ownCloud Inc." mengumumkan bahwa itu adalah mematikan dengan segera, yang menyatakan bahwa "[...] pemberi pinjaman utama di AS telah membatalkan kredit kami. Setelah hukum Amerika, kita dipaksa untuk menutup pintu ownCloud, Inc dengan segera dan mengakhiri kontrak 8 karyawan". ownCloud Inc menuduh Karlitschek pengembang perburuan, sementara Nextcloud pengembang seperti Arthur Schiwon menyatakan bahwa ia "memutuskan untuk berhenti karena tidak semuanya dalam dunia perusahaan ownCloud Inc. berkembang seperti yang saya bayangkan". 
Meskipun usia muda garpu ini, jumlah kontribusi Nextcloud cepat menyalip angka ownCloud ini seperti dapat dilihat oleh statistik GitHub. Telah dibandingkan beberapa kali dengan garpu dari OpenOffice , di mana insinyur meninggalkan proyek untuk membentuk LibreOffice .


E. Perbedaan dari Owncloud

Sementara Nextcloud adalah garpu dari proyek ownCloud, ada beberapa perbedaan penting. Sementara ownCloud menawarkan edisi komunitas open-source, mereka juga menawarkan Enterprise Edition proprietary dengan fitur tambahan dan langganan dukungan.
Sebagai perbandingan, Nextcloud benar-benar open source. Karlitschek mengatakan dalam sebuah wawancara: "Perbedaan yang paling penting dari Nextcloud dibandingkan dengan solusi lainnya adalah keterbukaan lengkap Kami tidak memerlukan perjanjian lisensi kontributor dari kontributor atau mitra," kata Karlitschek. 
"Tidak akan ada kode sumber tertutup, dan semua perencanaan dan pengembangan terjadi di tempat terbuka. Tim Nextcloud bekerja bersama selama bertahun-tahun dan, pada kenyataannya, tim yang telah dibangun teknologi di tempat pertama"
 

Comments

Popular posts from this blog

Installasi Responsive filemanager

Mengenal OwnCloud

Installasi mixbill