Konfigurasi NTP Server


A. Pengertian
Network Time Protocol ( NTP ) adalah protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui jaringan data packet-switched , variable- latency . Beroperasi sejak sebelum 1985, NTP adalah salah satu protokol Internet tertua yang digunakan saat ini. NTP dirancang oleh David L. Mills dari University of Delaware .
NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi ke dalam beberapa milidetik Coordinated Universal Time (UTC). Menggunakan versi modifikasi algoritma Marzullo untuk memilih server waktu yang akurat dan dirancang untuk mengurangi efek latency jaringan variabel. NTP biasanya dapat mempertahankan waktu hingga puluhan milidetik di Internet publik, dan dapat mencapai akurasi yang lebih baik dari satu milidetik di jaringan area lokal dalam kondisi ideal. Rute asimetris dan kemacetan jaringan bisa menyebabkan kesalahan 100 ms atau lebih.

B. Latar Belakang
Pada tahun 1979, teknologi sinkronisasi waktu jaringan digunakan untuk demonstrasi publik pertama yang beroperasi di jaringan satelit trans-Atlantik, di Konferensi Komputer Nasional di New York. Teknologi ini kemudian dijelaskan pada Catatan Teknik Internet tahun 1981 (IEN) 173 dan sebuah protokol publik dikembangkan dari situ yang didokumentasikan di RFC 778 . Teknologi ini pertama kali digunakan di jaringan lokal sebagai bagian dari protokol routing Hello dan diimplementasikan di Fuzzball , sebuah sistem operasi eksperimental yang digunakan dalam prototyping jaringan, di mana ia berlari selama bertahun-tahun.

C. Alat Dan Bahan 
1. Laptop / PC
2. Server

D. Waktu Pelaksanaan
20 menit

E. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama install terlebih dahulu paket ntp untuk server dan ntpdate untuk client dengan perintah 

#apt-get install ntp ntpdate
 

2. Selanjutnya kita edit dengan perintah
#nano /etc/ntp.conf

3. lalu tambahkan konfigurasi seperti di bawah ini.


4. Setelah itu cari baris “ restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust ” lalu hilangkan tanda # pagar nya kemudian ubah menjadi “restrict 192.168.137.0mask255.255.255.0 nomodify notrap” .seperti gambar dibawah ini
lalu simpan dengan menekan tombol ctrl+x+y enter

 

5. Kemudian restart ntp dengan perintah
#/etc/init.d/ntp restart

6. Sekarang cek apakah ntp-server sudah bekerja atau belum dengan perintah
#ntpq -p

7. Bisa juga langsung di cek langsung dari server dengan perintah
#ntpdate -u 127.0.0.1



Sumber :
E-book Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

Comments

Popular posts from this blog

Installasi Responsive filemanager

Mengenal OwnCloud

Installasi mixbill